CARA PERBAIKI CD-ROM

CD-ROM merupakan sebuah alat atau hardware input sekaligus output yang kemungkinan sering kita butuhkan terutama bagi seorang editor. Pernahkah anda menemui CD-ROM yang tidak bisa membaca kepingan CD atau barangkali punya CD-ROM usang yang mau dipakai lagi tapi sulit membaca kepingan CD. Sebenarnya ada dua faktor yang menimbulkan permasalah seperti ini yaitu CD-ROM tidak dalam keadaan bersih atau berdebu sedangkan faktor ke dua dikarenakan melemahnya sensor dari CD-ROM akibat pemakaian secara terus-menerus. Ya, memang setiap hardware memiliki masanya (akan mengalami penurunan kemampuan).

Untuk faktor kedua, jalan keluarnya hanyalah lembiru, dari segi ini kebanyakan pemakai laptop yang sering menggunakan CD-ROM memilih untuk menggunakan CD-ROM eksternal yang banyak dijual dipasaran sebab jika menggunakan CD-ROM laptop apabila rusak maka sangat sulit mencari penggantinya. Hal tersebut dikarenakan setiap laptop memiliki bentuk karakteristik CD-ROM masing-masing jadi tidak bisa asal beli, contohnya jika ada laptop sony type sekian CD-ROMnya rusak maka harus diganti dengan CD-ROM merek sony tipe tersebut tidak bisa diganti dengan merek ACER.

Sedangkan untuk faktor pertama dapat diperbaiki dengan cara membersihkan sensor CD-ROM, sensornya tepat ditengah-tengah yang berbentuk menyerupai lensa tipis biasanya berwarna biru. Bila anda ingin memperbaikinya berikut caranya:

1.  Ambilah CD-ROM, nyalahkan melalui tombol power yang tentunya harus dihubungkan terlebih dulu pada PSU.

2.    Apabila tidak ada PSU maka carilah sebuah jarum kecil lalu masukkan jarum tersebut ke lubang kecil yang berada di muka CD-ROM, tepatnya di dekat tombol power (lihat gambar).


3.    Setelah itu buka penutup kepala CD-ROM, baru kemudian buka penutup atas dan bawah CD-ROM yang biasanya memiliki baut kecil. Mengapa harus membuka penutup depan dulu? Mungkin anda berpikir seperti itu. Hal itu karena ketika anda membuka penutup atas dan bawah terlebih dulu pada akhirnya kedua penutup tersebut tidak akan dapat dibuka sebab terkunci oleh penutup muka CD-ROM.

4.    Apabila sudah terlihat sensornya, bersihkan menggunakan kain halus.


Demikian cara sederhana dalam memperbaiki CD-ROM usang, tapi harus diingat bahwa cara di atas hanya untuk CD-ROM komputer sedangkan untuk laptop sensornya berada di lidah CD-ROM jadi jika ingin memberishkan sensornya tidak perlu susah-susah membongkar CD-ROM. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular Posts