Cara Tes Power Supply

Cara Tes Power Supply
Power Supply
Power supply atau sering disebut juga PSU termasuk perangkat inti di dalam komputer sebabn perangkat inilah yang mensuplai daya ke semua perangkat. Tanpa ada power supply otomatis komputer tidak akan bisa dihidupkan. Sekarang apabila anda memiliki PSU bekas dan ingin memakainya lagi tapi bingung “apakah PSUnya masih berfungsi atau tidak?”. Sebenarnya carannya sangatlah mudah yaitu jika anda melihat beberapa kabel yang ada di PSU terdapat kabel dengan warna hijau dan kabel warna hitam. Itulah kunci utama untuk mengetes apakah PSU masih berfungsi atau tidak.
Caranya adalah sebagai berikut:
1.    Nyalahkan terlebih dahulu PSUnya.
2.    Cari kabel hijau dan kabel hitam di PSU, biasanya berada di socket / slot motherboard.
3.    Ambilah sebatang kawat yang bisa dijadikan penghantar lalu bentuklah sedemikian rupa seperti huruf (U) (untuk mempermudah penyambungan).
4.    Dengan kawat tersebut sambungkan kabel hijau dengan kabel hitam.
5.    Selanjutnya lihatlah kipas yang berada di dalam PSU, apabila kipasnya berputar menandakan PSU masih berfungsi tapi jika kipas mati berarti PSU sudah rusak.
Mudahkan, tapi satu hal yang harus diingat bahwa cara di atas digunakan untuk mengecek PSU masih aktif atau tidak, bukan untuk melihat apakah daya yang dikeluarkan PSU masih normal sebab beberapa power supply usang terkadang mengalami kerusakan pada suplai daya atau daya yang dikeluarkan berkurang dari daya yang dibutuhkan sehingga menyebabkan komputer booting secara terus menerus.

Comments

Popular Posts