Mengenal Komputer Hybrid

Mengenal Komputer Hybrid
Komputer Hybrid

Hybrid, dari namanya saja sudah memiliki keistimewaan, kata yang modern, keren, menarik. Komputer berdasarkan data yang diolah dibedakan menjadi tiga yaitu komputer analog, komputer digital dan komputer hybrid. Kali ini yang akan di bahas adalah komputer hybrid. Jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri karena apabila komputer analog dan digital merupakan bentuk komputer yang diciptakan dalam bentuk penggunaan yang berbeda lain halnya dengan hybrid. Jenis ini dibuat dari perpaduan antara komputer digital dan analog.

                Disamping dapat mengolah data yang bersifat kualitatif juga bisa mengolah data yang bersifa kuantitatif. Atau dengan kata lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan begitu juga sebaliknya. Perangkat yang digunakannnya pun jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan kecepatan yang lebih, serta mampu menangani masalah yang lebih sulit. Tapi jenis ini tidak di gunakan untuk menangani masalah secara umum melainkan bidang tertentu saja, contohnya bidang kesehatan, militer ataupun penerbangan. 

                Catatan: bukan berarti satu komputer hybrid dapat digunakan untuk menangani tiga masalah sekaligus tapi satu komputer untuk satu jenis bidang. 

                Hal tersebut dikarenakan perangkat yang dimilikinya pun berbeda pada setiap komputer walaupun sama-sama jenis hybrid. Sebagai contoh jika untuk bidang militer perangkat yang digunakan akan berhubungan dengan militer; perencanaan perang/ pembuatan senjata sedangkan dalam bidang kesehatan akan menggunakan perangkat yang mengacu pada berbagai jenis pengobatan.

                Bila dilihat dari segi perangkat perbedaan terletak pada ruang penyimpanan data, hybrid telah mengenal flash memory atau yang kerap disebut flashdisk, sedangkan analog lebih ke memori utama dan digital lebih mengarah pada penyimpanan hardisk. Tapi bukan berarti hybrid tidak menggunakan hardisk hanya saja operating systemnya ditempatkan pada flash memori untuk mempercepat proses booting sedangkan hardisknya sebagai media penyimpanan.

                Demikianlah pengertian dari komputer hybrid dan perbandingannya dengan analog maupun digital. Setiap benda atau perangkat selalu memiliki keunggulan dan kelemahan, karena itulah manusia terus mengupayakan untuk menghilangkan kelemahannya sehingga semakin lama dunia akan berubah menjadi semakin baik. Untuk itu teruslah belajar demi terciptanya dunia yang lebih baik lagi.

Comments

Popular Posts