Mainframe Computer

Mainframe Computer
Mainframe

          Komputer merupakan perangkat yang sangat diperlukan di era sekarang ini, semua pekerjaan di dunia ini hampir semuanya didominasi oleh komputer. Artikel kali ini akan membahas tentang pengelompokkan komputer menurut kompoen elektronikannya (prosesor). Ada tiga jenis komputer yakni; mainframe, mini computer dan personal computer. Yang pertama kita perlajari dulu computer mainframe.
            Apakah mainframe itu? Mainframe adalah kompi yang memiliki ukuran sangat besar lebih besar dari kompi secara umum. Dengan ukuran seperti itu tentunya akan sulit dibawa kemana, oleh karenanya mainframe tidak digunakan untuk sembarang orang hanya untuk perusahaan sebab kegunaanya juga berbeda dengan kompi pada biasanya. Kalo untuk orang biasa komputer digunakan untuk pengetikan, bermain dan sebagainya tapi jika perusahaan besar penggunaan kompi mainframe diperlukan untuk menganalisa data seperti halnya penggunaana di bidang penerbangan. Mainframe yang mendukung proses time sharing dapat menjadi pusat dari ratusan terminal yang ada.
            Mainframe memiliki keistimewaan tersendiri yaitu kecepatannya yang luar biasa sekitar 400 MIPS dan kapasitas penyimpanan datanya yang tergolong besar. Prosesor yang digunakannya adalah prosesor dengan kemampuan tinggi yang ditujukan untuk muti user. Jenis ini memiliki banyak pendukung terminal dengan jumlah ratusan.
            Memiliki kapasitas penyimpanan (storage device) yang besar, tak tanggung-tanggung besarnya momeri utama kira-kira seperti dua buah lemari pakaian. Untuk perangkat lainnya akan lebih besar dibandingkan storage devicenya. Karena itu kompi jenis ini membutuhkan daya listrik yang tergolong besar. Bila dibandingkan dengan ukuran komputer yang pertama kali dibuat kira-kira sebesar rumah, mainframe memiliki ukuran seperempatnya.
            Pengoperasian mainframe tidak dilakukan oleh orang secara umum melainkan seseorang yang berkompeten dibidangnya. walaupun demikian brainware mainframe antara bidang penerbangan dan bidang kesehatan pun juga berbeda jadi tidak bisa seorang yang bisa mengoperasikan kompi jenis mainframe di bidang penerbangan pindah menangani bidang kesehatan. Orang yang mengoperasikannya pun tidak hanya satu orang. Demikianlah pengertian mainframe computer dan penerapannya di kehidupan, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah yang anda alami dan tentunya masalah tersebut berhubungan dengan komputer. Selamat membaca.

Comments

Popular Posts