Pengertian Komputer Kecil


        Banyak sekali bentuk-bentuk dari komputer hal itu dikarenakan kegunaanya yang berbeda beda. Pernahkah anda mendengar tentang small computer? Dengan mendengar namanya saja pasti anda menyimpulkan bahwa small computer adalah kompi yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan komputer secara umum. Ketahuilah bahwa dugaan tersebut tidaklah benar, small komputer merupakan salah satu jenis dari lima bentuk kompi yang dibedakan berdasarkan kemampuan mengolah datanya. Jadi tidak dipandang dari bentuknya.
            Komputer kecil atau disebut juga small-scale mainframe computer merupakan model ke tiga setelah mini computer dan makro computer. Dan tentunya memiliki keunggulan diantara keduanya (makro dan mini computer). Jenis ini sekarang banyak di ciptakan dengan menggunakan system multi programming yakni mampu memakai lebih dari satu program untuk beroperasi, multi processing yaitu memiliki kemampuan membagi RAM atau memori untuk menjalankan lebih dari satu proses atau program di waktu yang sama.
            Bersifat multi user yang artinya sama seperti workstation dimana komputer dapat dipakai lebih dari satu orang. Kemampuan ini hampir sama dengan mini computer yang membedakannya adalah jika pada mini computer jumlah terminal kisaran puluhan saja namun jika small computer jumlah terminalnya bisa mencapai ratusan buah serta memiliki kemampuan virtual storage.
            Apabila anda ingin membeli kompi jenis ini mungkin sangat susah jika anda tak tahu tentangnya. Mengapa demikian? Sebab dari tingkat pertama sampai yang ketiga ini perbedaanya buka di perangkatnya melainkan spesifikasi dalamnya. Hal seperti itu tentunya akan menyulitkan orang yang kurang paham terhadap komputer, untuk itu disaat memilih ada baiknya bertanya dulu bagaiman spesifikasi yang anda cari atau tipe serta jenis seperti apa yang diinginkan.
            Memahami karakter sebuah computer tidaklah mudah, kalau hanya dilihat dari luar mungkin akan terlihat sama tapi jika dari dalam belum tentu sama. Dan cara membedakannya pun cukup sulit sebab anda harus tahu tentang perangkat yang ada di dalamnya, tapi jangan kawatir karna biasanya telah dicantumkan spesifikasinya di atas kompi sehingga anda cukup melihat spesfifikasi yang telah tertera di kompi tersebut.
            Demikianlah penjelasan mengenai small computer, kompi jenis ini diproduksi diberbagai perusahan diantaranya adalah : IBM, Wang Laboratories dan NCR. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Comments

Popular Posts