Pengertian Mini Komputer


Pengertian Mini Komputer
Mini Computer
              Mini komputer merupakan bentuk kedua atau generasi kedua setelah makro komputer, perubahan bentuk dari makro menjadi mini tentunya memiliki keunggulan tersendiri karena mini komputer dibuat dari perkembangan makro komputer. Dari segi penanganan informasi antara mini komputer dengan makro komputer tidak ada bedanya sebab sampai sekarang ini masih belum ada system yang menangani operasi lebih dari 64 bit.
            Jika dari segi bentuk dapat dikatakan sebelas dua belas, sebab tak ada perubahan besar yang terjadi. Perubahan terjadi pada sistemnya yaitu jika di mikro komputer masih belum bisa digunakan untuk multi user tapi di mini komputer multi user sudah bisa dilakukan. Biasanya komputer ini digunakan sebagai server atau bentuk workstation. Dimana dalam satu komputer bisa dipakai lebih dari satu orang.
            Secara detailnya
, apa itu workstation? Sebuah komputer yang dipakai sebagai server dalam sebuah jaringan. Banyak sekali perusahaan yang mengguanakan media seperti ini karena dalam pengerjaannya akan lebih mudah, dimana ada satu komputer sebagai pusat atau komputer utama dan ada komputer sebagai clientnya. Bentuk jaringan biasanya difungsikan untuk mengatur seluruh kerja komputer dalam satu komputer atau bisa dikatakan ada satu komputer yang menjadi komando.
Proses pertukaran datapun juga akan lebih cepat dibanding mikro komputer. Tapi adapun kelemahannya yaitu apabila satu komputer terjangkit virus atau sejenisnya maka seluruh komputer client bisa jadi juga akan terjangkit sebab setiap client saling berhubungan satu sama lain. Dalam mini komputer anda bisa membuat lebih dari satu user dan pergantiannya antara user satu dengan yang lain juga cepat.
            Istilah atau penyebutan nama mini computer di era ini telah ditinggalkan kini banyak orang yang menyebutnya  IBM (midrange system). Banyak sekali yang memproduksi jenis komputer seperti ini karena jika dipandang dari segi manapun jenis ini bisa dikatakan bisa diandalkan.
            Demikianlah pengertian dari mini komputer yang merupakan jenis kedua dari pembagian komputer berdasarkan proses mengolah data. Sekarang ini ada perangkat yang bisa bertindak sebagai PC denga ukuran yang lebih kecil dan mampu digunakan untuk membuat suatu jaringan.

Comments

Popular Posts