Mengenal Special Purpose Computer

Mengenal Special Purpose Computer
Special Purpose Computer

Seperti telah anda ketahui bahwa komputer berdasarkan penggunaannya digolongkan menjadi  dua macam yaitu general purpose computer dan special purpose computer. Secara simple perbedaanya sudah kelihatan dari namanya yaitu spesial dan general. General dapat diartikan umum yaitu komputer yang digunakan untuk menangani berbagai masalah serta persoalan secara umum. Sedangkan spesial bisa dikatakan lebih khusus penggunaannya dibandingkan general yaitu digunakaan untuk menangani masalah tertentu, untuk itu jenis ini mempunyai kemampuan hybrid berbeda dengan golongan general yang hanya memiliki kemampuan standar.
              
  Jika berdasarkan nama anda masih belum paham simaklah penjabarannya di bawah ini;

Special purpose komputer merupakan komputer yang digunakan dalam menangani masalah tertentu. Komputer jenis ini biasanya hanya memiliki suatu program komputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses pengerjaannya. Sebagai contohnya adalah special purposes komputer dalam militer tentunya penggunaanya juga akan mengarah ke bidang militer sehingga tak bisa menangani bidang kesehatan begitu juga sebaliknya. Spesial purpose komputer untuk bidang kesehatan tak bisa dipakai di bidang militer.

           Kenapa harus memiliki kemampuan hybrid? Hal ini di karenakan cara kerjanya, jika general purposes komputer bisa menangani semua jenis masalah tapi dengan catatan umum. Maksudnya masalah tersebut dalam kategori umum dalam kehidupan. Contohnya; pc yang biasa digunakan di perumahan untuk individu. Berbeda dengan spesial purposes komputer, tingkat pengoperasiannya lebih detail, contohnya jika di bidangan penerbangan penangannya adalah dalam proses pembuatan model pesawat terbang atau juga sebagai komando lepas landas penerbangan pesawat. Untuk itu kemampuan yang dibutuhkan jauh lebih tinggi. 

          Bukan hanya itu operator atau penggunanya juga harus berkompeten (menguasai) di bidangnya sebab tidak seperti komputer biasa yang bisa di operasikan oleh semua , spesial purpose komputer pengoperasiannya lebih sulit karena yang ditangani bukanlah masalah secara umum.

      Demikianlah pengartian spesial purpose computer dan penerapannya, jika anda ingin mengoperasikannya maka anda harus memiliki predikat di bidangnya. Semakin tinggi kepandaian seseorang, semakin tinggi pula masalah yang dijumpai atau di selesaikannya dan hasilnya pun akan lebih sempurna. Jadikan diri anda lebih baik.

Comments

Popular Posts