Mengenal Large Computer

Mengenal Large Computer
Komputer Besar

      Large computer atau large scale mainframe merupakan mainframe computer. Dari namanya telah kita ketahui bahwa ukurannya tergolong besar jika dibandingkan dengan komputer jenis rumahan seperti mini computer atau makro computer.  Komputer seperti ini tidaklah digunakan untuk orang secara individu melainkan untuk organisasi tertentu. Large computer atau yang disebut juga komputer besar ini memiliki kecepatan lebih jika dibandingkan dengan komputer lainnya. Kecepatannya yaitu mencapai 400 MIPS, hal itu dikarenakan oleh perangkatnya yang luar biasa.

            Ukuran komputer besar adalah sama seperti sebuah lemari, dalam pemakaiannya juga tidaklah untuk menangani masalah umum, komputer ini digunakan  oleh perusahaan-perusahaan besar contohnya perusahaan penerbangan. Bisa anda bayangkan perusahaan besar tentunya memiliki cabang di mana-mana dan jaraknya juga sangatlah jauh. Untuk itu digunakan komputer besar, satu kompi menjadi pusat atau server dan yang lainnya menjadi terminal di masing-masing cabang.

            Ukurannya yang relative besar membuatnya sulit untuk dibawa kemana akan tetapi meskipun demikian dengan ukuran seperti itu kompi ini memiliki keunggulan tersendiri yakni kecapatannya yang lebih serta kapasitas memorinya yang sangat besar. Dari situ kita bisa simpulkan kenapa penggunaannya hanya untuk perusahaan-perusahaan besar sebab memiliki kecepatan yang cepat serta kapasitas memorinya yang besar. Karena kedua hal itu kompi ini bisa menggunakan proses time-sharing. Ratusan pemakai bisa menggunakan komputer ini dari terminal masing-masing.

            Untuk harga tentunya anda sudah memiliki bayangan sendiri, jika ukurannya relative besar dan memiliki kecepatan tinggi serta kapasitas memori yang besar pastinya mempunyai harga yang mahal. Hal itu juga merupakan sebab mengapa hanya perusahaan tertentu yang memilikinya dan mengapa untuk pekerjaan umum tidak ada orang yang menggunakannya. Seorang pengguna atau brainware dari large computer jugalah harus berkompeten di bidangnya jadi bukan orang sembarangan yang mengoperasikannya sebab cara kerjanya juga tentu berbeda dengan komputer biasa.

            Demikianlah pengertian tentang large scale computer atau komputer besar, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan bisa mendorong anda menjadi orang yang selalu ingin tahu terhadap perkembangan jaman.

Comments

Popular Posts